Belakangan Ini Politisasi Agama Dinilai Sesuatu Yang Negatif - menit00

Breaking

Situs Agen Poker Online Agen Domino Online

Sabtu, 31 Maret 2018

Belakangan Ini Politisasi Agama Dinilai Sesuatu Yang Negatif

Belakangan Ini Politisasi Agama Dinilai Sesuatu Yang Negatif

Berita Populer - Politisasi agama belakangan dinilai sebagai sesuatu yang negatif. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD justru menilainya sebagai hal positif, asalkan bertujuan membangun bangsa.

Dia mencontohkan pendiri Muhammadiyah, KH Ahmad Dahlan dan pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH Hasyim Asy'ari, justru menggunakan kekuatan agama untuk kepentingan politik.

Hal tersebut mengemuka dalam Seminar Nasional 'Perspektif Hadratus Syaikh KH M Hasyim Asy'ari dan KH Ahmad Dahlan Terhadap Politisasi Agama' yang digelar di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Sabtu (31/3/2018).

Baca juga: Mencari Makna Politisasi Agama Jelang Pemilu

"KH Ahmad Dahlan dan Kiai Hasyim Asy'ari itu justru mempolitisasi agama untuk mendirikan NKRI. Kalau mereka tidak mengambil ijtihad, bagaimana kita punya negara. Kira-kira Indonesia tidak ada," katanya.

Dengan kekuatan organisasi keagamaan, menurutnya, ulama boleh saja menggunakannya untuk kemajuan bangsa. Misalnya untuk mendorong pemerintah memperbaiki pelayanan haji dan memperhatikan guru.

"Contoh lain, agama melarang korupsi. Kalau negara membolehkan korupsi, misalnya NU akan memboikot pembayaran pajak. Itu politisasi agama, enggak apa-apa," ungkapnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Hasyim Asy'ari, Dr KH Salahuddin Wahid atau Gus Solah, tidak menampik bahwa saat ini ayat-ayat kitab suci banyak disalahgunakan hanya untuk kepentingan kekuasaan.

"Kita tidak ingin agama itu disalahgunakan, tapi kita juga tidak ingin agama dipinggirkan, padahal dia memiliki banyak sisi yang bisa dimanfaatkan untuk kemajuan bangsa," tutupnya.

Sumber : Detik.com

POHONPOKER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar