Kepala Hadiah Nobel Sastra Berhenti Terlibat Skandal Seks di Akademi - menit00

Breaking

Situs Agen Poker Online Agen Domino Online

Jumat, 13 April 2018

Kepala Hadiah Nobel Sastra Berhenti Terlibat Skandal Seks di Akademi

Kepala Hadiah Nobel Sastra Berhenti Terlibat Skandal Seks di Akademi

Berita Populer - Lebih dari satu abad, Akademi Swedia sebagai penyelenggara Nobel memberikan penghargaan kepada sosok yang berjasa di lima bidang. Belakangan ini Akademi Swedia tengah mengalami permasalahan akibat skandal seks yang makin memburuk.

Kepala Akademi Swedia yang memilih pemenang Hadiah Nobel Sastra, Sara Danius mengundurkan diri di tengah krisis yang berkembang. Dia mengumumkan kabar tersebut pada Kamis (12/4) setelah pertemuan darurat selama 3 jam bersama anggota Akademi di Stockholm.

Dalam pembacaan keputusannya, Sara Danius mengatakan dia kehilangan kepercayaan dari akademi.

"Ini adalah keinginan akademi bahwa saya meninggalkan jabatan saya sebagai sekretaris tetap," ujar Danius yang juga seorang sejarawan sastra Swedia.

Sara Danius merupakan perempuan pertama yang memegang posisi tersebut. "Saya ingin terus maju dan melakukan hal lain dalam hidup."

Pekan lalu, tiga anggota akademi juga mengundurkan diri karena masalah skandal seks ini. Menurut laporan Dagens Nyheter, serangan seksual yang dituduhkan terjadi antara tahun 1996 dan 2017.

Anggota yang mengundurkan diri adalah Peter Englund, Klas Ostergren, dan Kjell Espmark yang mengatakan skandal itu mengahancurkan dunia sastra Swedia. Dalam surat kabar lokal juga disebutkan ada 18 wanita yang mengaku dilecehkan oleh salah satu tokoh Akademi Swedia yang berpengaruh.

Akademi Swedia sebagai penyelenggara Nobel Sastra sejak 1901 mempunyai 18 anggota tetap yang bersifat abadi dan seumur hidup. Skandal seks ini mencuat setelah kampanye #MeToo menggema.

Sumber : Detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar